Cara Membudidayakan Ikan Gabus

Tips ternak ikan gabus - mungkin kalian ada yang tidak begitu suka dengan ikan jenis ini di karenakan ikan gabus ini memang ikan yang sangat rakus bisa di katakan sebagai ikan predator pemangsa hewan kecil di air tawar, tapi kalian jangan beranggapan jelek dulu tentang ikan ini karena ikan gabus ini bisa sangat menguntungkan bagi kalian yang ingin membudidayakan nya, sebab ternyata ikan gabus ini juga sangat banyak peminatnya untuk di konsumsi dan rasa nya tidak kalah enak dari ikan lele.
an3disforever.blogspot.com

maka dari itu kalian bisa mengikuti cara membudidayakan ikan gabus di artikel saya kali ini.
 yang pertama harus kalian lakukan adalah mencari lahan untuk membudidayakn ikan gabus ini nanti nya usahakan yang agak luas untuk mendapatkan hasil yang banyak.

untuk kalian juga bisa memilih jenis kolam apa yang akan kalian gunakan untuk pembudidayaan ikan gabus ini,

Cara Membudidayakan Ikan Gabus

Kolam semen
an3disforever.blogspot.com

untuk kalian yang mau mengikuti tips cara membudidayakan ikan gabus kalian bisa memilih kolam semen atau kolam beton ini memerlukan dana yang lumayan agak besar bila kalian ingin menggunakan kolam beton.

Kolam terpal
an3disforever.blogspot.com

kalian juga bisa menggunakan kolam terpal karena ini sangat praktis dan bisa sedikit menghemat dana ketimbang kolam beton.

Kolam tanah
an3disforever.blogspot.com


dan untuk kalian yang tidak ingin mengeluarkan dana untuk pembuatan kolam untuk pembudidayaan ikan gabus ini kalian bisa membuat kolam tanah dan di pastikan kalian tidak mengeluarkan dana, kalian hanya menggali kolam tanah saja untuk di jadikan kolam,dan kalian perlu menggunakan tenaga yang cukup melelahkan.

nah itu tadi cara memilih kolam untuk cara mebudidayaan ikan gabus ini kalian tinggal pilih saja mau mengeluarkan dana atau tenaga hahahahaa.. 

tahap selanjutnya untuk mendapatkan bibit ikan gabus ini kalian bisa memilih indukan ikan gabus yang sudah dewasa kalian bisa memilih indukan ikan gabus jantan dan betina sekitar 20 ekor kedalam wadah lain atau kolam khusus pemijahan saja biarkan ikan gabus dalam proses pemijahan dan tutup wadah atau kolam dengan rapat tambah kan juga enceng gondok kedalam wadah atau kolam tempat indukan tadi di masukan.

setelah ikan sudah melakukan pemijahan dan kalian sudah melihat telur ikan gabus maka yang harus kalian lakukan adalah memindahkan telur ikan gabus kedalam aquarium agar mudah mengontrol penetasan nya nanti. kalian bisa mengangkat telur telur ikan gabus kedalam aquarium yang besar karena jumlah bibit ikan gabus sangat lah banyak indukan ikan gabus bisa mengasilkan telur sekitar 10 ribu telur. usahakan mengangkat telur ikan gabus dengan hati hati.
dan suhu air yang harus kalian perhatikan adalah 28 drajat celcius.

biarkan telur di dalam aquarium selama satu hari satu malam karena biasa nya telur akan menjadi larva dan larva itu sendiri sudah di bekali cadangan makanan selama 3 hari. jadi usahakan jangan di beri makan selama 3 hari. sesudah 3 hari kalian bisa memberi makan naupli artemia sebanyak 3 kali sehari secukupnya.

lalu persiapkan kolam yang kalian buat tadi,bila kalian memilih kolam beton kalian harus membersihkan kolam tersebut dan taburkan garam lalu rendam kolam selama 1 minggu ini bertujuan agar menghilangkan zat kimia dari semen tersebut yang akan membahayakan bibit ikan gabus.
dan bila kalian memilih kolam terpal maka kalian harus membersihkan kolam terpal tersebut dan taburkan garam pada dasar kolam dan rendam biarkan selama 1 minggu karena bau dari terpal yang baru juga berbahaya usahakan bau dari terpal hilang.
dan bila kalian memilih kolam tanah tidak usah di apa apakan karena tanah sudah alami dan baik untuk bibit ikan itu sendiri. 

nah itu tadi tahap yang harus kalian lakukan pada kolam pilihan kalian. sesudah membersihkan kalian bisa menebarkan pupuk kompos atau pupuk kandang kedalam kolam dan juga pupuk kapur dolomid biarkan selama 4 hari ini berujuan agar memunculkan pakan alami untuk bibit ikan gabus  di antaranya adalah plankton, kutu air, jentik nyamuk lalu kalian bisa memasukan air kedalam kolam hingga hampir penuh atau 100 cm kedalam kolam.

dan untuk tips selanjutanya di cara membudidayakan ikan gabus penebaran bibit ikan gabus ini bisa di lakukan sesudah 2 minggu setelah penetasan kalian bisa menebarkan bibit bibit ikan gabus ini kedalam kolam dan ingat jangan langsung di beri makan karena di kolam sudah trrsedia pakan alami. biarkan selama 2 hari. lalu kalian bisa memberikan pakan bibit ikan gabus dengan tepung pellet khusus ikan gabus sebanyak 2 kilo atau 2,5 kilo saja.

kalian juga bisa menambahkan variasi pakan kepada bibit ikan ini. dan usahakan jangan telat memberi makan karena ikan gabus bisa memakan teman sejenis nya bila mereka kelaparan.

dan kalian bisa memanen nya sekitar 5 sampai 6 bulan tergantung permintaan pelanggan kalian juga bisa memanen sesuka kalian saja tidak masalah karena semua tergantung permintaan konsumen. jadi usahakan yang terbaik untuk konsumen.

baca juga

nah demikian tips cara membudidayakan ikan gabus semoga bermanfaat untuk kita semua yang terpenting di sini adalah niat dan ketekunan untuk mendapat kan hasil yang baik. 
terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membudidayakan Ikan Gabus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel